Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada tanggal 5-6 Juni tahun 1972 dengan tema “Only One Earth”. Dan pada tahun ini, kembali diperingati dengan tema “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature. Tahun 2022, Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengambil tema yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

 

Dalam pengelolaan lingkungan perlu melibatkan seluruh pihak, mulai dari masyarakat sampai badan usaha. Dan untuk memaksimalkan upaya pengelolaan lingkungan ini perlu adanya kerja sama antara pemerintah, badan usaha dan masyarakat. Terkait hal tersebut, pada momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang diperingati tanggal 17 Mei 2022 di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat telah dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama terkait dengan pengelolaan lingkungan. Kesepakatan Bersama yang akan ditandatangani ini terkait dengan:

1 Kesepakatan Bersama ‘Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Wetland dalam Rangka Pemulihan Danau Maninjau’ antara Pemprov, Pemkab. Agam dan PT. Semen Padang.

2. Kesepakatan Bersama ‘Upaya Penyelamatan Danau Maninjau sebagai Danau Prioritas Nasional’ antara Pemprov, Pemkab. Agam dan PT. PLN.

3. Kesepakatan Bersama ‘Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup’ antara Pemprov dan PT. Semen Padang.

4. Kesepakatan Bersama ‘Pengembangan Sekolah Asuah Adiwiyata’ antara Pemprov dan PT. Tirta Investama.

5. Perjanjian Kerja Sama ‘Pelaksanaan KKN Tematik Program Kampung Iklim (Proklim) Mahasiswa UNP di Kampung Iklim Prov. Sumbar’ antara Pemprov dan LPPM UNP.

 

Sebagai komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan berkelanjutan dan sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah, PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau secara simbolis memberikan bantuan kontainer sampah kepada Bupati Padang Pariaman.

 

PT. Semen Padang sebagai salah satu perusahaan di Sumatera Barat, turut berpartisipasi melalui tanggung jawab social dan lingkungan dengan memberikan bantuan dengan total sebesar Rp.100.000.000, yang meliputi Dukungan dalam Pengembangan Program Kampung Iklim di Sumatera Barat, berupa sarana transportasi untuk mahasiswa KKN di 3 lokasi dan pakaian lapangan sebanyak 100 helai serta bantuan dana untuk 2 (dua) nagari yaitu Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar dan Nagari Limau Gadang Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan masing-masing sebesar Rp.20.000.000

 

Untuk memeriahkan peringatan Hari Lingkungan Hidup ini dan sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pengelolaan sampah, PT. Semen Padang juga memberikan bantuan sebanyak 500 buah tempat sampah untuk kendaraan roda empat sekaligus spanduk dan banner ajakan untuk mengelola sampah.

 

Selanjutnya dalam rangka sosialisasi pengurangan sampah kepada masyarakat, juga dilakukan aksi simpatik berupa pemberian tempat sampah untuk kendaraan roda empat dan pemberian tumbler kepada pengendara motor di ruas Jalan Sudirman depan Kantor Gubernur. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Gubernur didampingi oleh Kadis LH Provinsi dan Perwakilan PT. Semen Padang serta PT. Tirta Investama. Bantuan tumbler sebanyak 250 buah dari PT. Tirta Investama, sebagai bentuk tanggung jawab social dan lingkungan perusahaan sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam pengurangan sampah plastic.

 

Beriringan dengan aksi simpatik ini, RSUP Dr. M. Djamil Padang juga berpartisipasi dalam memperingati HLH dalam bentuk kegiatan:

a.  Gerakan pemakaian tumbler di RSUP Dr. M. Djamil Padang;

b.  Pemasangan 500 biopori di lingkungan RSUP Dr. M. Djamil Padang;

c.  Penanaman 100 pohon di lingkungan RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat.

 

 

 

 

Share Berita :