20 Februari 2016 05:35:50 WIB

Kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2015

Kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) merupakan salah satu program nasional di bidang lingkungan hidup yang dilaksanakan melalui dana dekonsentrasi yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas udara dari sektor transportasi khususnya kendaraan bermotor. Maksuddari pelaksanaan EKUP yaitu untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan dengan cara menurunkan beban pencemaran dari emisi transportasi di perkotaan di Indonesiadengan tujuan mendorong Pemerintah kota menerapkan kebijakan transportasi berkelanjutan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Langit Biru dengan indikator pencapaian penurunan emisi dari sektor industri dan transportasi adalah 16 % ditahun 1919 dengan basis data tahun 2014. Kegiatan EKUP telah terlaksana di Kota Padang sejak tahun 2012. Kegiatan ini  merupakan kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan Pemerintah Provinsi di 44 Kota se- Indonesia. Pada intinya ruang lingkup kegiatan ini adalah a.       Pengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. b.      Pengujian Kualitas Udara Roadside. c.       Pemantauan Kinerja Lalu Lintas d.      Kualitas BBM Dari hasil keempat pengujian tersebut maka akan didapat gambaran kualitas udara pada ruang-ruang jalan yang strategis, tingkat kepadatan serta jam-jam padat, tipe dan kondisi kendaraan serta kontribusinya terhadap pencemaran udara  Kota Padang. Dari hasil uji emisi tahun 2014 terhadap 1795 kendaraan maka 85,63 % kendaraan berjenis bahan bakar bensin dan 14,37% kendaraan berjenis bahan bakar solar dengan tingkat kelulusan 84,63 % lulus uji dan 15.37 % dinyatakan tidak lulus uji.Dibandingkan diantara tiga lokasi tersebut, volume kendaraan terbanyak melintasi Jalan H. Agus Salim. Berdasarkan nilai standar Volume Capacity Ratio-VCR, kondisi lalulintas di ketiga daerah tersebut masih lancar dengan kecepatan tinggi.   Terkait dengan uji kualitas udara ambient/perkotaan, maka berdasarkan PP N0. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara  maka kualitas udara kota Padang masih cukup baik untuk 10 parameter, Adapun parameter kandungan Hidro Carbon masih diatas ambang batang. Hal ini menunjukkan adanya proses pembakaran yang masih kurang sempurna yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.   Pembukaan kegiatan EKUP dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2015 Pukul 06:30 WIB bertempat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jalan S.Parman Padang. Untuk tahun 2015 Kegiatan EKUP dilaksanakan pada tanggal25 s/d 27 Agustus 2015dengan melakukan pengujian di ruang jalan S. Parman, Jalan H. Agus Salim, Sawahan dan Lapangan Parkir Bank Nagari di Pay Pas, Kuranji.   Adapun pola kepadatan masing-masing jalan tersebut tiap jamnya berbeda  yaitu :

  1. Jalan H. Agus Salim, kepadatan tertinggi  arah Simpang Haru-Pasar Raya pada pagi hari, tetapi arah Pasar Raya –Simpang haru kepadatan tinggi pada sore hari
  2. Jalan  By Pass, Kepadatan tertinggi arah BIM- Teluk Bayur pada malam hari, sebaliknya arah Teluk Bayur – BIM kepadatan tertinggi pada pagi hari.
  3. Jalan S. Parman, kepadata tertinggi arah BIM-Pasar Raya pada pagi hari, sebaliknya arah pasar raya – BIM kepadatan tertinggi pada siang hari.

Berikut waktu dan lokasi pelaksanaan Kegiatan EKUP 2015 Kota Padang

Hari/Tanggal Taman Makam Pahlawan, Jln. S.Parman Halaman DPRD Kota Padang, Jln. H. Agus Salim Halaman Bank Nagari Capem Kuranji, Jln. By Pass
Selasa 25 Agustus 2015 Uji  Emisi Traffic Counting Roadside Monitoring Uji  Emisi
Rabu 26 Agustus 2015   Uji  Emisi Traffic Counting Roadside Monitoring
Kamis 27Agustus 2015 Traffic Counting Roadside Monitoring    

Share Berita :