21 Februari 2016 13:00:34 WIB

PEMANTAUAN KUALITAS AIR SUNGAI SKALA NASIONAL DAN/ATAU LINTAS BATAS NEGARA DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Kegiatan Pemantauan Sumber kualitas air sungai skala Nasional ini dilakukan terhadap :

  • Batanghari: Kab. Solok, Kab. Solok Selatan dan Kab. Dharmasraya
  • Batang Kampar: Kab. Pasaman dan Kab. 50 Kota
  • Batang Kuantan: Kab. Sijunjung
Pengambilan sampel di lapangan dengan frekuensi 5 kali dalam satu tahun anggaran.
  • Untuk sungai Bt. Hari, pengambilan sampel dilakukan pada 6 titik sampling pada sungai utama (Bt. Hari), ditambah dengan 4 titik sampling pada anak sungai yang mengalir ke Batang Hari.
  • Sungai Bt. Kampar, dilakukan pengambilan sampel pada 6 titik sampling pada sungai utama dan 2 titik sampling pada anak-anak sungai yang bermuara ke sungai Bt. Kampar.
  • Sungai Bt. Kuantan, dilakukan pengambilan sampel pada 6 titik sampling pada sungai utama dan 4 titik sampling pada anak-anak sungai yang mengalir ke sungai Bt. Kuantan.
Sampel air sungai yang telah diambil, dianalisis di laboratorium lingkungan yaitu Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.   Parameter yang diuji adalah :
  1. Parameter lapangan: pH, temperatur, DHL, DO dan pengukuran kecepatan aliran air sungai.
  2. Parameter laboratorium : BOD, COD, TSS, TDS, Nitrit (NO2), Nitrat (NO3), Amoniak (NH3-N), Phospor (P), Klorin bebas (Cl2), Sulfat (SO4), Fenol, minyak dan lemak, MBAS, Fecal Coli, Total Coliform, Raksa (Hg), Perak (Ag), Seng (Zn), Tembaga (Cu), Sulfida (H2S) dan Sianida (CN).
  3. Parameter spesifik ditentukan berdasarkan sumber pencemar yang masuk ke badan sungai dan mengacu peraturan terkait berupa analisis kandungan logam pada sedimen : Raksa (Hg), Seng (Zn), Tembaga (Cu), Kadmium (Cd), Nikel (Ni)
Dilakukan pengumpulan/updating Data Sekunder terkait Sungai Batanghari, Batang Kampar dan Batang Kuantan, untuk mendapatkan gambaran mengenai jumlah penduduk, mata pencaharian penduduk, sumber-sumber pencemar sungai, dan informasi terkait lainnya.   Gambaran kecenderungan kualitas air yang dipantau: a. Sungai BatangHari
  • Tahun 2013, dari hasil analisis laboratorium, beberapa parameter yang di atas baku mutu adalah pH, TSS, BOD, COD, Nitrit, Total Phosphat, Raksa, Seng, serta parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform). Unsur Hg selain ditemukan pada sampel air, juga ditemukan pada sampel sedimen yang diambil (titik BH3, BH4, BH5).
  • Tahun 2014: parameter cenderung di atas Baku Mutu: TSS, BOD, COD, Nitrit, Raksa, parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform).
b. Sungai Batang Kampar
  • Tahun 2013: dari hasil analisis laboratorium, beberapa parameter yang di atas baku mutu adalah TSS, BOD, COD (satu titik), Total Phosphat, Seng (satu titik), serta parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform). Tidak ditemukan unsur Hg dalam sampel air.
  • Tahun 2014: parameter cenderung di atas Baku Mutu: BOD, parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform).
c. Sungai Batang Kuantan
  • Tahun 2013: dari hasil analisis laboratorium, beberapa parameter yang di atas baku mutu adalah pH, TSS, BOD, COD, Total Phosphat, Fenol, Sulfida, Seng (satu titik), serta parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform). Tidak ditemukan unsur Hg dalam sampel air.
  • Tahun 2014: parameter cenderung di atas Baku Mutu: TSS, parameter bakteriologis (Fecal Coli dan Total Coliform)

Share Berita :