21 Desember 2020 13:53:23 WIB

Sumbar Berhasil Meraih Penghargaan No. 1 Green Leadership Dan Penghargaan Nirwasita Tantra

        Senin, 21 Desember 2020 Bapak Gubernur Sumatera Barat bersama 3 (tiga) Kepala Daerah dan 3 (Tiga) Ketua DPRD se Indonesia di Anugrahi penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership  dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc di Manggala Wanabakti yang diterima oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan DPRD Provinsi Sumatera Barat yang diterima oleh Supardi Ketua DPRD Prov. Sumbar

 

Penghargaan Green Leadership (Penghargaan Nirwasita Tantra) pada massa pendemi Covid 19 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya hanya diberikan hanya kepada 3 (tiga) Kepala Daerah dan 3 (tiga) Ketua DPRD secara factual (langsung tatap muka) sedangan untuk kabupaten/kota diberikan melalui Virtual.

 

Penghargaan Green Leadership (Penghargaan Nirwasita Tantra) merupakan satu-satunya penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi  selebihnya penghargaan yang ada di lingkungan hidup diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, Kelompok Masyarakat dan Dunia Usaha seperti kita ketahui Adipura, untuk kelompok masyarakat ada Kalpataru dan PROKLIM serta untuk perusahaan adalah PROPER (Program Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) industry Hijau. Untuk Tahun ini pemberian penghargaan PROKLIM dan PROPER diberikan secara virtual.

 

Perjalanan Anugerah Green Leadership  awalnya bukan penghargaan Green Leadership tapi namanya penghargaan penyusunan Dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), Nirwasita Tantara dan saat ini ditambah dengan Green Leadership. Perbedaan dengan penghargaan dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun-tahun awal penilaian hanya didasarkan kepada kemampuan Daerah menyampaikan kondisi data-data kualitas lingkungan dan penilaian terhadap kebijakan-kebijakan pengelolaan lingkungan hanya berdasarkan buku data yang disampaikan. Namun sejak 4 (empat) Tahun terakhir ini penilaian bukan hanya dilakukan kepada kemampuan menyampaikan data namun juga penguasahaan pengetahuan dan komitmen pimpinan daerah (kepala daerah dan ketua DPRD) diminta untuk mempersentasikan  dan dilakukan penilaian/pengujian oleh Tim Panelis Independen yang berasal dari Akademisi, LSM dan Wartawan senior. Satu tahun terkahir pada Tahun 2019 sebelum massa Pendemi Covid 19 dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Panelis dan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  untuk melihat kesesuainnya.

 

Tahun 2020 ini pemberikan penghargaan berdasarkan hasil penilaian yang  dilakukan pada Tahun 2019, untuk tahun 2020 belum diberikan karena kondisi covid 19 dan mekanisme penilaian tidak sama dengan penilaian Tahun 2019. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tidak pernah absen atau dengan kata lain selalu menerima penghargaan Green Leadership dari Pemerintah Pusat selalu masuk 3 (tiga) besar pernah peringkat 2, peringkat 3 dan penah juga peringkat 1. Untuk penghargaan saat ini kita peringkat 1 (satu) Nasional

 

Walaupuan ada kelebihan-kelebihan yang dilakukan dalam pengelolaan lingkungan hidup tentunya masih ada kekurangan-kekurangan juga namun nyata kita masih dinilai cukup berhasil dari segi indikator-indikator yang dinilai dan jika masih ada permasalahan pengelolaan lingkungan yang belum teratasi itu kita akui, namun yang jelas bahwa  pengelolaan lingkungan kita terakui dan sudah terukur dilihat dari data-data dan Indek Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH).

 

Penghargaan untuk kabupaten/kota provinsi kita merupakan provinsi yang sangat banyak menerima penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra, Pada Tahun 2020 ini Kab/kota yang menerima penghargaan sebanyak 6 (enam) kabupaten/kota yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

Share Berita :