05 September 2023 11:11:16 WIB

Penebaran bibit ikan asli Danau Maninjau

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri,SE,MM bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Agam Ir. Arief Restu,M.Si, Camat Tanjung Raya Roza Syafdefianti,S.STP,M.Sc, Wali Nagari Sungai Batang Ahsin Dt. Bandaro Kayo dan Ketua Kelompok Nelayan Tangkap Tapian Sawah Laweh beserta anggota melakukan tebar bibit ikan Gurame (kalui) Osphronemus goramy yang merupakan salah satu jenis asli Danau Maninjau di kawasan wetland yang berada di Jorong Tanjung Sani Nagari Sungai Batang Kec. Tanjung Raya Kab. Agam, Selasa  (6/6/23).
Kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan kawasan wetland yang dilengkapi dengan tanaman, tugu wetland, panel informasi dan tugu masuk lokasi. wetland ini  memiliki akar dibawah permukaan yang menyediakan tempat berlindung, bertelur ikan dan tempat penetasan telur ikan  serta tempat mencari makan ideal sehingga meningkatkan jumlah stok ikan yang lebih banyak lagi.
Pembangunan kawasan wetland ini bertujuan untuk mengurangi pencemaran air dan dalam upaya penyelamatan ikan asli Danau Maninjau sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar karena Kawasan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi/pembelajaran sehingga baik bagi anak sekolah dan masyarakat untuk berkunjung ke lokasi wetland tersebut.  
Kepala DLH Provinsi Sumatera Barat berharap kepada kelompok Nelayan Tangkap Tapian Sawah Laweh agar menjaga dan mengelola dengan baik kawasan wetland tersebut sehingga dapat berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar terutama kawasan Danau Maninjau. Untuk pengembangan kawasan wetland lebih lanjut, DLH Provinsi Sumatera Barat akan berupaya menfasilitasi melalui dana CSR perusahaan.

Share Berita :