KECAMATAN DAN KELURAHAN PEMENANG LOMBA GERAKAN SUMBAR BERSIH TAHUN 2017

         Lomba kecamatan dan kelurahan bersih dan hijau  merupakan salah satu implementasi dari Gerakan Sumatera Barat Bersih (GSB) yang merupakan salah satu kegiatan unggulan dan komitmen Pemerintah Sumatera Barat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau dimulai dari tingkat kecamatan dan kelurahan yang sudah dicanangkan sejak  tahun 2014. Lomba ini bertujuan untuk mendorong masyarakat di kecamatan dan kelurahan untuk semakin peduli meningkatkan kualitas lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah dan tata ruang hijau.

        Guna mensukseskan Gerakan Sumatera Barat Bersih, tahun ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan penilaian terhadap 14 kecamatan dan 12 kelurahan yang diusulkan oleh Bupati/Walikota daerah masing-masing yang dimulai sejak bulan Maret 2017 yang lalu. Berdasarkan hasil penilaian telah ditetapkan pemenang lombah kecamatan bersih dan hijau tahun 2017 melalui SK Gubernur Provinsi Sumatera Barat.  Pemenang Lomba Kecamatan dan Kelurahan Bersih dan Hijau Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 diberikan Piagam Penghargaan Gubernur Sumbar yang bertujuan untuk memotivasi dan mendorong peningkatan kinerja kabupaten/kota dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat pada rangkaian acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI bertempat di halaman Kantor Gubernur Sumbar 17 Agustus 2017. Kecamatan dan Kelurahan yang meraih penghargaan tersebut sebagai berikut:

NO

KATEGORI KABUPATEN/KOTA

PERINGKAT

A KECAMATAN    
1 Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya I
2 Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman II
3 Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar III
B KELURAHAN    
1 Kelurahan Belakang Balok Kota Bukittinggi I
2 Kelurahan Bandar Buat Kota Padang II
3 Kelurahan Koto Panjang Kota Padang Panjang III

Selain piagam, kepada pemenang lomba juga diberikan becak motor sampah, gerobak sampah dan tempat sampah terpilah  yang merupakan CSR dari beberapa perusahaan seperti PT. Semen Padang, PT. Kunango Jantan, PT. Pelalu Raya Agam, PT. Tirta Investama Pabrik Solok dan PT. Mutiara Agam.

Share Berita :